Sabtu, 03 Maret 2018

Tata Cara Pendaftaran Calon Peserta Uji Kompetensi/ sertifikasi

Tata Cara Pendaftaran Calon Peserta Uji Kompetensi Untuk
Pemohon Baru dan Re-Sertifikasi (Naik Tingkat/Jabatan)


A.   Tata Cara Pendaftaran
       1.  Calon Peserta mengisi formulir pendaftaran dengan
            lengkap dan ditandatangani :

           a. Formulir Persyaratan Peserta (F.9.01.A)
           b. Formulir Persyaratan Unjuk Kerja Pemegang Sertifikat
               (F.9.05.A)

           c. Formulir Pemutakhiran Pemegang Sertifikat Kompetensi
               (F.9.05.B) bagi yang Re-Sertifikasi/Naik Tingkat.

      2.  Formulir Persyaratan Peserta (F.9.01.A) harus dilengkapi
           dengan :

           a. Salinan (copy) ijazah yang dilegalisir.
           b. Surat pengalaman kerja yang sah, ditandatangani oleh
               perusahaan yang menerbitkan.

           c. Surat keterangan sehat dari dokter LSP "PPT MIGAS"
           d. Pasphoto ukuran 3x4, 1 (satu) lembar, dengan latar belakang
              (background) foto sesuai tingkatannya.

    3.   Penyerahan Formulir :
           Calon peserta menyerahkan formulir pendaftaran beserta
           lampirannya di loket pendaftaran atau mengirimkannya melalui
           jasa pengiriman paling lambat 1 (satu) minggu/5 (lima) hari kerja
           sebelum uji kompetensi dilaksanakan, pada jam : 12.00 wib sudah
     diterima di loket.
     4.   Pengumuman Peserta Uji Kompetensi :
           a. 3 (tiga) hari kerja sebelum pelaksanaan uji kompetensi daftar
               calon  peserta  dan kelengkapan 
persyaratan diumumkan  di
               website, untuk melakukan daftar ulang.

           b. Bagi calon peserta yang namanya tidak ada dalam daftar               calon peserta yang disebabkan keterlambatan persyaratan,
               akan didaftar pada periode 
ujian berikutnya.
      5.  Daftar ulang :
           Daftar  Ulang  dilakukan 1 (satu) hari sebelum  jadwal  ujian,
           dengan  verifikasi  persyaratan di  loket  pendaftaran  pada
          jam 08.00 – 09.30.

     6.  Pembayaran Biaya Uji Kompetensi :
           a. Calon peserta yang memenuhi kualifikasi akan mendapatkan
               form pembayaran.

           b. Calon peserta membayar biaya uji kompetensi sesuai tarif
           di loket pembayaran.

      7.  Nomor Ujian / Uji Kompetensi
           Bukti pembayaran diserahkan di loket pendaftaran untuk dilakukan
           proses pemberian nomor ujian.

B.   Tata cara rekam  Biometrik  (digital foto, sidik jari dan
      tanda tangan
)      a. Setelah ujian tulis, atau setelah ujian praktek / wawancara,
          peserta harus melakukan rekam biometrik.

      b. Rekam boimetrik dilakukan di Ruang Rekam Biometrik.
      c. Peserta akan diatur urutannya oleh petugas.
      d. Peserta menggunakan kemeja/hem resmi berkerah.

2 komentar:

  1. Maaf mau tanya kalau tidak punya surat pengalaman kerja boleh kah pak

    BalasHapus
  2. Kalok misalnya dari smk giman gan

    BalasHapus

PENGANTAR

Berdasarkan PERMEN ESDM No. 20 Tahun 2008  tentang Pemberlakuan Standard Kompetens...